Total Tayangan Halaman

Total Tayangan Halaman

Cuaca dan Iklim menurut Para Ahli

  • Menurut Rafi’i (1995). Ilmu cuaca atau meteorologi adalah ilmu pengetahuan yang mengkaji peristiwa-peristiwa cuaca dalam jangka waktu danruang terbatas, sedangkan ilmu iklim atau klimatologi adalah ilmu pengetahuan yang jugamengkaji tentang gejala-gejala cuaca tetapi sifat-sifat dan gejala-gejala tersebut mempunyai sifatumum dalam jangka waktu dan daerah yang luas di atmosfer permukaan bumi.
  • Menurut Trewarth and Horn (1995) mengatakan bahwa iklim merupakan suatu konsep yang abstrak,dimana iklim merupakan komposit dari keadaan cuaca hari ke hari dan elemen-elemen atmosfer di dalam suatu kawasan tertentu dalam jangka waktu yang panjang. Iklim bukan hanya sekedar cuaca rata-rata, karena tidak ada konsep iklim yang cukup memadai tanpa ada apresiasi atas perubahan cuaca harian dan perubahan cuaca musiman serta suksesi episode cuaca yangditimbulkan oleh gangguan atmosfer yang bersifat selalu berubah, meski dalam studi tentangiklim penekanan diberikan pada nilai rata-rata, namun penyimpangan, variasi dan keadaan ataunilai-nilai yang ekstrim juga mempunyai arti penting.
  • Hidayati (2001) mendefinisikan perubahan iklimsebagai perubahan pada iklim yang dipengaruhi langsung atau tidak langsung oleh aktivitasmanusia yang merubah komposisi atmosfer yang akan memperbesar keragaman iklim teramati pada periode yang cukup panjang.
  • Menurut Effendy (2001) salah satu akibat dari penyimpanganiklim adalah terjadinya fenomena El-Nino dan La-Nina. Fenomena El-Nino akan menyebabkan penurunan jumlah curah hujan jauh di bawah normal untuk beberapa daerah di Indonesia.Kondisi sebaliknya terjadi pada saat fenomena La-nina berlangsung.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

About Me

Followers