Total Tayangan Halaman

Total Tayangan Halaman

Persebaran Curah Hujan Di Indonesia

Indonesia terletak antara 6o LU – 11o  LS dan berbentuk kepulauan sehingga udaranya banyak mengandung uap air. Selain itu, posisi menyebabkan Indonesia memiliki curah hujan yang banyak setiap tahunnya. Rata-rata curah hujan di Indonesia lebih dari dua ribu millimeter per tahun. Namun, jumlah curah hujan tersebut bebeda pada masing-masing tempat. Dapat dikatakan untuk wilayah Indonesia semakin ke timur, curah hujannya semakin berkutang. Ada banyak factor yang menentukan banyak sedikitnya curah hujan pada suatu tempat, yaitu sebagai berikut :
  •    Letak daerah konvergensi antratropik
  •  Bentuk medan, yakni medan yang berbukit-bukit atau gunung yang memaksa angina yang harus naik yang mengakibatkan sebagian uap air yang terkandung dalam angina tersebut jauh sebagai hujan.
  •   Arah lereng medan (ekspolosure), yakni lereng yang menghadap ke arah datangnya angina mendapan hujanyang jauh lebih banyak daripada lereng yang membelakangin arah angina (daerah bayangan hujan) seperti daerah Palu, Sulawesi.
  •   Arah angin yang sejajar dengan garis pantai karena jika angina yang bertiup sejajar dengan garis pantai, suhu tidak akan beurubah sehingga tidak akan terjadi hujan.
  •   Jarak perjalanan angina di atas medan datar. Angin yang membawa uap air adalah angina yang bertiup dari atas perairan ke arah daratan. Jika medan yang dilalui angina tersebut lebar, dengan sifat permukaan yang sama, mungkin hujan akan turun pada daerah yang dekat dengan pantai dan selanjutnya tidak ada hujan lagi.

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

About Me

Followers